• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    DP3AP2KB Toraja Utara Gelar Rapat Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas

    Redaksi
    Jumat, 13 September 2024, 21:37 WIB Last Updated 2024-09-13T14:37:47Z
    -
    -



    TORAJA UTARA | BNRI NEWS

    Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Toraja Utara melalui Bidang Keluarga Berkualitas (KB) melaksanakan Rapat Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Kabupaten Toraja Utara Tahun 2024.

    Kegiatan tersebut dilaksanakan diruang Perkantoran Marante, Kantor Bupati Toraja Utara (12/09/2024, rapat tersebut dihadiri beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Toraja Utara, Sekretaris DP3AP2KB Kab. Toraja Utara, Yohanis,SE, Kepala Bidang Keluarga Berkualitas (KB), Rita Gala dan Kepala Bidang Dalduk (Pengendalian Penduduk), Florika Palullungan.

    Selaku narasumber kegiatan, Kepala DP3AP2KB Kab. Toraja Utara, dr. Lina Rombe mengawali pemaparan materi menjelaskan tujuan kampung keluarga berkualitas yaitu meningkatkan kualitas SDM yang menekankan pada penguatan institusi keluarga dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus kehidupan manusia."

    Lanjut dr. Lina Rombe "Tujuan khususnya adalah Meningkatkan mutu dan produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah di bidang peningkatan kualitas SDM, mendorong efektivitas sistem dan tata laksana aksesibilitas pelayanan dasar agar pelayanan dasar dasar dapat diselenggarakan secara lebih berdaya guna dan berhasil guna dan mendorong tumbuhnya kreativitas, prakarsa, dan peran masyarakat dalam pembangunan meningkatkan kesejahteraan serta masyaraka."

    "Sedangkan Sasaran kampung keluarga berkualitas seperti Penyediaan data dan dokumen kependudukan, peningkatan perubahan perilaku, peningkatan cakupan, layanan dan rujukan pada keluarga, penataan lingkungan hidup keluarga dan masyarakat," tambah dr. Lina Rombe dalam pemaparan materinya selaku narasumber kegiatan.


    Selanjutnya Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) adalah program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa atau kelurahan dan program ini mengintegrasikan berbagai program pembangunan keluarga, kependudukan, dan pembangunan lainnya."
    "Selain itu beberapa fokus program Kampung KB, yaitu meningkatkan akses pelayanan kesehatan, termasuk KB dan kesehatan reproduksi, meningkatkan cakupan dan akses pendidikan,meningkatkan cakupan layanan jaminan dan perlindungan sosial,memberdayakan ekonomi keluarga,pendampingan dan pelayanan pada keluarga dengan risiko kejadian stunting."

    Menutup pemaparan materinya selaku narasumber kegiatan, dr. Lina Rombe menyampaikan "Kampung Berkualitas adalah milik kita bersama dan semua yang terlibat dan kita akan turun ke masyarakat untuk membantu kebutuhan masyarakat di tingkat kelurahan dan lembang demi mewujudkan Kampung Berkualitas di Kabupaten Toraja Utara," kunci dr. Lina Rombe.


    ( Amos )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini