• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kapolres Tator Pimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Pengamanan Ops Mantap Praja 2024 -2025

    Redaksi
    Kamis, 15 Agustus 2024, 18:26 WIB Last Updated 2024-08-15T11:26:20Z
    -
    -





    Tana Toraja | BNRI NEWS


    Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Polres Tana Toraja Polda Sulsel menggelar sejumlah persiapan. Salah satunya pelaksanaan apel gelar pasukan dan dilanjutkan simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) Operasi Mantap Praja 2024, dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tana Toraja bertempat di Plaza Kolam Makale. Kamis, (15/8/2024)

    Giat ini diadakan untuk memastikan kesiapan personil Polres Tana Toraja dalam mengantisipasi dan menangani berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada.

    Kegiatan diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Tana Toraja AKBP Malpa Malacoppo, dan dihadiri dari unsur forkopimda, Bupati Tator yang diwakili Sekda, Dandim 1414/Tator, Ketua Pengadilan, Kepala Kejaksaan Negeri Tator, Ketua KPU, Ketua bawaslu, para Kepala Instansi Pemerintah, para kepala OPD Tator, personil Polres Tana Toraja, para tamu undangan dan Stakeholder lainnya.




    Dalam amanatnya kapolres Tator menyampaikan, operasi Mantap Praja ini digelar bertujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan purna pelaksanaan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif khususnya Kabupaten Tana Toraja.

    “Terwujudnya Pilkada aman, lancar, damai, senang dan gembira adalah harapan kita semua, sehingga untuk mewujudkannya Polri Polres Tana Toraja bersama TNI, Pemda, dan seluruh instansi terkait serta masyarakat Tana Toraja harus saling mendukung dan bersinergi,” Kata Kapolres.

    Masih amanatnya, “ ia menghimbau dan mengajak seluruh Masyarakat Tana Toraja dan semua pihak terkait dengan penyelenggara, untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkan dan memelihara kondusifitas kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada,” himbaunya.

    Diakhir amanatnya Kapolres juga menyampaikan penekanannya yang perlu dipedomani dan dilaksanakan kepada seluruh personel pengamanan nantinya yang akan bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2024 ini, diantaranya : 

    1. Pastikan seluruh personil dan peralatan yang digunakan dalam mendukung operasi telah siap secara optimal.
    2. Deteksi dini terhadap potensi ancaman yang dapat mengganggu kamtibmas.
    3. Selalu update informasi dan situasi dilapangan.
    4. Pastikan pengawalan logistik pilkada mulai dari distribusi hingga pengumpulan Kembali secara ketat dan cermat.
    5. Pastikan seluruh TPS mendapatkan pengamanan yang memadai.
    6. Bantu fasilitas kelancaran pemungutan suara.
    7. Siapkan fisik dan mental serta disiplin dalam menjalankan tugas.
    8. Kenali dan kuasai wilayah tugas dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas, serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.
    9. Pegang teguh komitmen netralitas dan integritas.
    10. Tingkatkan sinergitas dengan melakukan koordinasi, Kerjasama dan komunikasi yang baik antar instansi dan stakeholder terkait serta seluruh komponen dan elemen Masyarakat.
    11. Tetap waspada terhadap upaya – upaya pihak tertentu yang ingin mengacaukan atau menghambat pilkada.




    Kemudian selesai apel gelar pasukan dilakukan Pelatihan Kepolisian Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penanganan unjuk rasa dan menjaga keamanan selama pelaksanaan Pemilukada 2024 Tana Toraja mendatang. 


    (Amos)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini