• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ir Susilo Haryanto Cs Produsen Bibit Padi "P.B.Pak Tani" BerSertifikasi & Hasil Panen Memuaskan

    Jumat, 22 Juli 2022, 19:56 WIB Last Updated 2022-07-22T12:56:19Z
    -
    -



    Karanganyar | BNRI NEWS


    Adalah Ir Susilo Haryanto, sarjana pertanian lulusan UKSW Salatiga yang kini menjabat sebagai ASN senior di DisKementan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

    Sejak tahun 2000-an telah merintis observasi teknik pembibitan benih padi unggul demi meningkatkan kualitas hasil pertaniannya. 
    Semula bukan untuk komoditi umum, sekedar memenuhi kebutuhan bibit padi bagi beberapa hektar sawah milik pribadinya.

    Alhasil, dari jerih payah penelitian dan ujicoba tiada henti itulah, akhirnya bisa menemukan standart mutu bagi penyediaan bibit padi. Semua dilakukan sesuai standart mutu dan sertifikasi yang dikendalikan oleh Kementerian Pertanian RI. 

    Ir Susilo Haryanto dalam usaha produksi bibit benih padi dibantu sang istri sebagai Manager Keuangan dan Administrasi, serta beberapa karyawan bagian produksi, prosesing serta pemasaran alias marketing.

    Untuk kepentingan lahan pembibitan yang diharapkan menghasilkan padi jenis unggul  sebagai benih, maka pria lulusan SMAN 2 Margoyudan Solo ini menggandeng para petani yang punya lahan lebih. Dengan sistem kerjasama maupun Kemitraan, maka petani dapat ilmunya sekaligus dapat mempraktekkan menanam padi kualitas benih. Hasil panen itulah yang ditampung kembali, dibeli dengan harga Special, untuk diproses menjadi bibit atau benih padi baru yang akan didistribusikan kepada masyarakat luas.


    Sampai saat ini kapasitas produksi benih padinya mencapai 450 ton pertahun. Terutama disaat saat menjelang musim tanam, maka PB. Bibit  Padi merk "Pak Tani" mengedrop puluhan Truck bibit padi tersebut ke berbagai Toko Pertanian yang ada di Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Sragen dan sekitarnya. 

    "Kami sangat menjaga mutu, sehingga benih padi yang sudah berlebel "sertifikasi" tersebut bisa diandalkan hasilnya ketika ditanam di sawah milik petani. Tentu harus diimbangi dengan kesadaran para petani, bagaimana menyediakan lahannya, pola tanam dan cara pemupukannya. Sehingga dengan bibit padi berkualitas, dibarengi teknik dan pola tanam yang tepat, menghasilkan buah padi yang baik dan melimpah. 

    Untuk menunjang penyediaan benih padi yang unggul bermutu (terjaga kualitasnya), Ir Susilo Haryanto membangun sarana Gudang tempat prosesing sekaligus penyimpanan. Mesin penapis gabah dan Blower mekanik escalator, Lengkap dengan sarana halaman luas untuk pengeringan secara alami. Disediakan pula Toko Pertanian di Pinggir Jalan Raya Solo - Sragen,  yang menyediakan perlengkapan aneka kebutuhan petani antara lain, bibit padi, aneka pupuk organik dan an organik, serta alat alat pertanian lainnya.  


    Perusahaan Benih PB.Pak Tani yang memproduksi Lebrl Putih dan Ungu  ini beralamat di Desa Nglarangan, Kebak, Kebak Keramat, Karanganyar, Jawa Tengah . 

    (Eshadi Yuda)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini