• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pemkot Mojokerto Adakan Lomba Musik Patrol Tradisional Guna Semarakan 10 Hari Terakhir Ramadhan

    Rabu, 20 April 2022, 08:46 WIB Last Updated 2022-04-20T01:46:59Z
    -
    -



    Mojokerto | BNRI NEWS

    Kebijakan Pemerintah Kota Mojokerto dibawah kepemimpinan Walikota Ita Puspitasari SE, dalam melestarikan budaya dan peninggalan sejarah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah melestarikan budaya musik patrol.

    Musik patrol sering kita dengar dalam kegiatan masyarakat membangunkan orang tidur untuk melakukan sahur di bulan Ramadhan. Agar menarik perhatian dalam membangunkan untuk sahur, digunakan peralatan musik seadanya yang penting bisa variasi suara selain suara teriakan.

    Berkaitan dengan itu, dalam menyemarakan suasana bulan Ramadhan khususnya pada 10 hari terakhir Ramadhan, Pemkot Mojokerto mengadakan Lomba Musik Patrol Tradisional yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 April 2022 dimulai setelah sholat tarawih atau pukul 20.00 WIB, dengan mengambil start di depan Pemkot Mojokerto jln. Gajahmada, dan finish di halaman kantor Dinas P & K Kota Mojokerto Jln. Benteng Pancasila 244.
    Lomba tersebut diikuti oleh para siswa SD, MI, SMP, MTS, SMA, MA, SMK baik negeri maupun swasta yang ada di wilayah Kota Mojokerto. Adapun peserta lomba musik patrol tersebut merupakan kelompok yang beranggotakan 10 sampai 15 siswa.

    Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid, S.Sos, MSi., pelaksanaan lomba musik patrol tradisional tersebut untuk menciptakan suasana rasa suka dan gembira dalam menyemarakan suasana Ramadhan dengan rangka melestarikan kesenian tradisional musik patrol.
    “Kita ingin menanamkan rasa senang dalam ibadah puasa pada siswa serta mengenalkan musik patrol sebagai warisan budaya yang perlu dilestarikan pada generasi penerus,” ujar Amin pada jurnalis BNRI News, Selasa (19/4/2022).
    Masih menurut Amin, kegiatan lomba musik patrol tersebut bisa menggerakan roda perekonomian bagi UMKM khususnya para pedagang angkringan, karena dalam pelaksanaan lomba nanti pihaknya akan mengundang para pedagang angkringan untuk menjajakan dagangan di tempat start dan finish.
    “Kami menyedia tempat untuk berjualan para pedagang angkringan di tempat start yaitu depan pemkot dan lokasi finish di Kantor Dinas P & K, agar mereka bisa mendapat rezeki dari adanya kegiatan lomba ini,”sambung Amin.

    Perlu diketahui, lomba musik patrol tradisional ini memperebut piala Walikota Mojokerto bagi peserta SD/MI dan SMP/MTs, serta Piala Kapolres Mojokerto Kota Mojokerto bagi peserta jenjang SMA, MA, SMK. Tidak hanya piala yang diperebutkan, tetapi semua juara akan mendapatkan uang pembinaan dari Dandim 0815 Mojokerto.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini