• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Desa Tambongwetan Memanfaatkan Sendang Sapu Jagat untuk Irigasi Persawahan

    Selasa, 07 September 2021, 15:56 WIB Last Updated 2021-09-07T13:35:35Z
    -
    -





    Klaten | BNRI NEWS

    Kabupaten Klaten selain dikenal semboyan klaten bersinar juga dikenal dengan 1001 sumber mata air.

    Di Desa Tambongwetan Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah yang berjarak kurang lebih 5 km dari pusat kota klaten memiliki sumber mata air tepatnya di Dusun Genengan memiliki sumber mata air yang dikenal dengan sendang sapu jagad.

    Kepada Bnri News Sekdes Desa Tambongwetan Agung Wiyana mengatakan, sampai saat ini sumber mata air itu terus keluar dan banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencuci, mandi, dan yang paling utama dimanfaat untuk irigasi pertanian. Selain dimanfaatkan untuk irigasi para petani, di Desa Tambongwetan sumber air sendang sapu jagad juga dimanfaatkan para petani hilir di wilayah Desa Krajan Kecamatan Kalikotes.

    Rencananya Pemerintah Desa Tambongwetan ingin mengembangkan sendang sapu jagat juga sebagai obyek wisata pemandian. Secara bertahap pengembangan wisata akan memaksimalkan air yang keluar dari sendang tersebut.

    Agung Wiyana menambahkan, rencananya kami akan mengajukan bantuan dari berbagai sumber termasuk ke pemerintah kabupaten. Selasa (07/09/2021) saat ditemui Bnri News.

    Selain untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar nantinya pengembangan dilakukan untuk pendapatan asli daerah (PAD) Tambongwetan. Tutupnya

    (Red/Alfian Aziz)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini