• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kebun Bunga Matahari yang Sedang Viral di Mojokerto

    Rabu, 18 Agustus 2021, 12:37 WIB Last Updated 2021-08-18T05:48:37Z
    -
    -



    Mojokerto | BNRI NEWS

    Beberapa hari ini di jagat media sosial telah viral ribuan bunga matahari di kebun seluas 7.000 meter persegi. Kebun bunga yang berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto itu mendadak menjadi obyek wisata.
    Hampir setiap hari terlebih lagi bila hari libur, banyak didatangi para pengendara sepeda untuk melakukan selfi. Mereka berdatangan dengan rombongan atau dengan keluarga karena penasaran dengan adanya ladang bunga matahari.

    Kebun bunga itu ternyata milik Budi Utami (50 th). Ibu dua anak ini membeli kebun tersebut tahun 2008 silam yang selama ini dia tanami tebu.
    “Selama tiga tahun saya tanami tebu, tapi saya mengalami kerugian karena kena banjir dan dimakan tikus. Lalu saya diamkan selama dua tahun”, katanya pada jurnalis BNRI_News hari Selasa (17/8/2021).
    Pada awal Juni 2021, Budi Utami memutuskan untuk menanam bunga matahari di kebunnya, karena bunga itu rentan pada hujan, makanya dia mulai menanam di awal musim kemarau ini.
    Warga kelurahan Surodinawan , Prajuritkulon kota Mojokerto itu mulai menbarkan bibit ke kebunnya. Setelah dua bulan tumbuh 66.000 batang bunga matahari yang mulai bermekaran. Jarak antar batang 30 cm sehingga tampak rapat dan indah.
    Bu Utami memperkirakan, setiap batang bisa menghasilkan 170 gram biji bunga matahari, sehingga dengan 66.000 batang itu dia akan mendapatkan hasil panen biji bunga matahari sebanyak 11.200 kg.
    “Biji bunga matahari ini sebagai bahan pembuatan kwaci. Hasil panen ini sudah ada yang mengambil dari orang pabrik kwaci. Harga per kg Rp. 17.000”, sambung bu Utami.
    Awalnya dia tidak mengira bahwa tanamannya itu akan menjadi obyek wisata dadakan dan menjadikan tempat foto selfi. Dia hanya berharap tanaman bunga matahari ini memberikan keuntungan yang lumayan dan dia akan mengembangkan lagi tanaman ini di tempat lain.

    Sementara itu, menurut para pendatang yang menikmati pemandangan bunga matahari ini merasa sangat menyenangkan. Banyak yang melakukan berswafoto dengan latar belakang ribuan bunga matahari yang sedang mekar.
    “Indah banget ini, juataan bunga matahari menguning di lahan yang luas membuat sejuk dipandang mata. Yang jelas asyik untuk selfi”, ujar mbak Menik salah satu pengunjung.

    Red.: Nanang Haryana (BNRI_News)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini