• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dr dr Bagus Ferdi: Pola Hidup Sehat Itu Harus Seimbang Antara Fisik Dan Mental

    Minggu, 15 Agustus 2021, 17:31 WIB Last Updated 2021-08-18T05:51:24Z
    -
    -







    JAKARTA | BNRI NEWS

    Indonesia masih terus berjuang melawan virus Covid-19 karena hingga hari ini angka positif Covid-19 meskipun sedikit melandai tetapi terus terjadi. Varian virusnya pun dikabarkan telah beberapa kali bermutasi dari varian alpha di tahun 2020 menjadi varian delta dan sekarang menjadi delta plus di 2021. 

    “Virus varian delta plus ini jika sampai menyerang manusia pilihannya cuma dua,  hidup atau mati, dan celakanya sampai hari ini belum ditemukan obatnya,” tegas Dr dr Bagus Ferdi, SPOG dalam webinar kesehatan yang diselenggarakan BNRINews bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Minggu (15/8/21).

    Masyarakat pun, kata dokter yang sempat bertugas menjadi Satgas pertama di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta itu  selalu diperingatkan oleh pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan karena hal tersebut menjadi kebutuhan masyarakat di masa pandemi.

    Tentu saja katanya, tidak mudah untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Untuk itu kita dianjurkan untuk terus meningkatkan imun tubuh supaya dapat menangkal virus Covid-19. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat.

    Menurut dr Bagus Ferdi pola hidup sehat tidak hanya tentang fisik tetapi juga bagaimana memenuhi kebutuhan mental. Memiliki banyak tekanan akan membuat pikiran seorang menjadi stress, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk berpikir positif.

    Berpikir positif dapat membuat hati manusia menjadi tentram dan dapat mengalahkan berbagai penyakit termasuk saat yang bersangkutan sedang mengalami tekanan.  Dengan mengubah cara berpikir menjadi positif, maka kesehatan mental manusia akan menjadi lebih baik.

    Bukan itu saja, memperbaiki pola tidur juga merupakan bagian dari menjaga pola hidup sehat. Hal yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat antara lain adalah dengan cara memperbaiki waktu tidur.
    Kebanyakan seseorang memiliki jam tidur yang tidak cukup dikarenakan beberapa alasan. Padahal tubuh manusia itu butuh istirahat cukup agar badan kembali segar dan bisa menjalankan aktivitas dengan semestinya.

    “Usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung, dan tentu rentan terserang Covid 19,” jelas magister kesehatan lulusan FKUI itu.

    Melansir Help Guide, Bagus Ferdi mengungkapkan setiap hari tubuh meregenerasi sel kulit, otot, sampai tulang. Oleh sebab itu nutrisi menjadi sumber utama kebutuhan tubuh bagi manusia. Seseorang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda karena beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan aktivitas yang sering dilakukan.

    Menurut peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia yaitu, untuk laki-laki disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 28-37 gram per hari. Sedangkan perempuan, perlu konsumsi serat sebanyak 27-32 gram per hari.

    Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Indonesia Ir Eddy Gnefo, MM dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pandemic covid 19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini telah membuat perekonomian Indonesia tumbuh negative, termsuk sektor UMKM. 

    Berdasarkan survey yang dilakukan saat ini 5 persen usaha menengah kecil dan micro yang menjadi andalan pertahanan ekonomi rakyat sudah bangkrut. Sementara 25 persen UMKM lainnya sedang menuju kebangkrutan. Sisanya sudah perlu bantuan dan uluran tangan dari pemerintah. 

    “Kita tidak boleh membiarkan sektor ekomomi rakyat ini bangkrut. Karena itu kita harus bangkit. Caranya adalah dengan mengikuti himbauan dari pemerintah untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun. Saya merasa gembira karena media BNRINews mau peduli mengadakan webinar kesehatan. Dengan begitu masyarakat akan terus merasa diingatkan tentang perlunya menjaga pola hidup sehat,” katanya. (emf/R1)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini