• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah Jawa Tengah dalam Seminggu Kedepan

    Minggu, 15 Agustus 2021, 20:17 WIB Last Updated 2021-08-18T05:52:01Z
    -
    -



    Jawa Tengah - BNRINEWS

    Berdasarkan hasil analisis dan prediksi dinamika gelombang atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya peningkatan aktifitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial
    MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan atau hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang di lewatinya.

    Fenomena MJO bergerak dari arah samudra Hindia ke arah Samudra Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari. Sedangkan fenomena gelombang Rossby bergerak dari arah Samudra Pasifik ke arah Samudra Hindia dengan melewati wilayah indonesia.

    Sama halnya seperti MJO, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia maka dapat berkontribusi dan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah indonesia salah satunya di Jawa Tengah.

    Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan pada periode satu minggu kedepan di wilayah indonesia dan salah satunya di Jawa Tengah.

    Hujan dengan intensitas Sedang dan Lebat yang dapat di sertai Kilat/Petir& Angin Kencang dalam sepekan ke depan ( tanggal 15-20 Agustus 2021) berpotensi terjadi di JAWA TENGAH.

    Info BMKG/Red.Beny Ardiyono
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini