• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pelestarian Warisan Budaya Mojopahit

    Rabu, 28 Juli 2021, 21:31 WIB Last Updated 2021-07-28T14:31:10Z
    -
    -



    Mojokerto|BNRI NEWS

    Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (DISPARBUDPORA) Kabupaten Mojokerto, memegang komitmen untuk melestarikan budaya warisan kerajaan Mojopahit dengan menggelar acara rutinan tiap tahun yaitu “RUWAT AGUNG NUSANTARA”. Pada Rabu (28/07/2021)

    Sebelum masa pandemi, kegiatan tersebut dilaksanakan di kawasan petilasan kraton Mojopahit yaitu Pendopo Agung di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto berupa arak-arakan peserta festival dengan berbagai macam busana tradisional Mojopahit dengan segala aksesorisnya. 

    Festival tersebut dilombakan dengan diikuti para pelajar jenjang SMA maupun SMP se-Kabupaten Mojokerto.

    Namun karena sekarang dalam situasi pandemi, DISPARBUDPORA Kabupaten Mojokerto tetap menyelenggarakan festival budaya tersebut dengan cara virtual dengan protocol kesehatan ketat, dimana semua peserta mengenakan faceshield.

    Untuk tahun ini pelaksanaan festival mengambil judul “SEKAR PUJI HASTUNGKORO” dengan memprioritaskan penampilan busana putri kraton Mojopahit dengan segala pernak-pernik ciri khas mojopahitan. Lomba festival tadi siang diikuti oleh 7 (tujuh) peserta SMA yang ada di Kabupaten Mojokero.

    Menurut Sugeng Purnomo (nama panggilan SAMSON) salah seorang pemerhati dan penggerak pelestarian budaya warisan leluhur, dengan diadakan festival tersebut akan lebih menguatkan upaya pelestarian budaya bagi kaum muda. Agar budaya yang adiluhung itu tidak terkikis oleh budaya asing yang banyak digandrungi oleh anak muda.

    “Budaya kita tidak kalah elok dari budya asing” kata pak Samson. Lebih lanjut pak Samson mengatakan “kalau tidak sejak dini kita perkenalkan budaya ini pada anak usia SMA, maka budaya kita ini lama-lama akan punah dan tergeser dengan budaya asing yang jelas-jelas tidak sesuai dengan bangsa kita.
     
    Maka beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DISPARBUDPOR Kabupaten Mojokerto ini, semoga pandemi segera berakhir sehingga pelaksanaan Festival Ruwat Agung Nusantara ini berjalan meriah seperti tahun-tahun sembelumnya”. Begitu pungkasnya mengakhiri wawancara dengan jurnalis BNRINEWS.

    (NANANG HARYANA)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini